5 Bisnis yang Bisa Dimulai dari Hobimu

JATENGLIVE.COM - Menghadirkan sebuah ide untuk berbisnis mungkin sangat susah. Tapi apakah anda punya sebuah hobi yang sering sekali dilakukan seperti masak, membuat roti, memperbaiki sesuatu, dekorasi, dan lain-lain? Mengapa tidak menggunakan hobi anda untuk menjalankan sebuah bisnis ? Di sisi Anda bisa menggeluti hobi, juga bisa mendapatkan income yang tak terkira sebelumnya. 

Berikut ini bisnis yang dapat dibangun melalui hobi

1. Bisnis Roti dan Kue, Bagi Yang Hobi Baking

Siapa yang tidak suka makan kue dan roti? Ya, semua orang menyukai kue dan roti, apalagi kue-kue dengan rasanya yang unik nan lezat yang bisa bikin ketagihan.

Cake

Kue dan roti adalah salah satu kuliner yang sangat diminati, khususnya oleh konsumen Indonesia. Bisnis kuliner kue dan roti ini juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh pengusaha maupun calon pengusaha. Hal ini karena bisnis cake merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, mudah dipasarkan dan dijual. Buktinya sampai awal tahun 2018 ini sudah banyak bisnis kue dan roti yang tengah banyak dan menjamur di seluruh daerah bahkan sampai daerah terpencil. Walaupun demikian, tidak semua bisnis roti dan kue ini berangsur lama dan kebanyakan gulung tikar. Ini dikarenakan kurangnya pemahaman atau strategi pemasaran dengan bisnis yang bergengsi ini.

jurnal.id

2. Bisnis Bimbingan Belajar atau Les Privat untuk Ada yang Memiliki Passion Mengajar

 les privat

Bisnis bimbingan belajar disingkat bimbel atau usaha kursus merupakan sebuah jenis bisnis yang senantiasa ada dan tak pernah sepi konsumen. Usaha ini akan selalu dibutuhkan manusia selama manusia masih hidup di muka bumi. Dikarenakan keperluan terhadap ilmu pengetahuan dan keterampilan takkan pernah selesai. Apalagi dengan mempunyai bekal ilmu dan pengetahuan bisa menghantarkan seseorang sukses dalam menempuh karir, pendidikan dan finansial. Pendidikan saat ini tidak cukup hanya sekolah saja. Banyak orang tua yang ingin anaknya lebih pintar dan tetap belajar sepulang sekolah. Jika Anda memiliki waktu luang pada sore hari dan memiliki kegemaran mengajar orang lain, Anda dapat mengambil peluang ini.

Jika Anda memiliki keterampilan Bahasa Inggris, Anda dapat mengajar bule untuk menguasai bahasa tertentu dengan bayaran yang lumayan tinggi. Lihat dan perhatikan siapa yang akan menjadi murid-murid Anda nanti.

Mempersiapkan materi belajar dan metode mengajar yang kreatif dan inovatif juga perlu dilakukan sebelum Anda membuka tempat les atau kursus.

investasiuntung.com

3. Bisnis Party Planner Kekinianan Ala Anak Muda bagi Anda yang Menyukai Pesta dan Dekorasi

Persiapan pesta ulang tahun, lamaran, sampai prosesi tedak siten sang bayi, bukanlah hal yang mudah dikerjakan.

Dekor Party

Party planner adalah alternatif paling tepat untuk membantu seseorang menyiapkan perayaan yang unik dan amatlah berkesan. Selain dapat menentukan tema sesuka hati, menggunakan jasa party planner ketika ingin menggelar sebuah pesta, bisa lebih efisien dan menghemat waktu karena segala sesuatunya sudah tersusun rapi. Bisnis party planner pun menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan.

Bisnis ini cocok sekali bagi orang yang suka pesta dan dekorasi. Semakin anda sering mendatangi pesta dan melihat dekorasi, semakin banyak refernsi untuk client.
Dalam usaha jasa Party Planner ini kunci sukses yaitu teliti dan juga kreatif dalam menjalankan event sesuai dengan keinginan klient. Sehingga mereka orang – orang yang menggunakan party planner BMT ini akan senang dan 

Tribunnews.com

4. Bisnis Kado Unik untuk Anda yang Hobi Membuat Kerajian atau D.I.Y.

Hasil gambar untuk kado diy

Dalam kehidupan, ada begitu banyak momen yang berkesan, di antaranya adalah saat peristiwa kelahiran, pernikahan, ulang tahun, hari raya keagamaan, dan lain-lain. Kita sering memperingati momen-momen spesial tersebut, baik bersama keluarga, sahabat, atau pasangan. Biasanya, dalam peringatan momen-momen yang dianggap spesial, kita menggunakan kado sebagai hadiah atau ungkapan kasih sayang. Misalnya kado untuk suami atau istri, untuk anak atau orang tua, untuk sahabat, atau untuk calon pasangan hidup kita. Tentu saja kita memberikan hadiah terbaik sebagai ungkapan syukur dan rasa kasih sayang kita. 

Akhir-akhir ini banyak sekali video tutorial untuk membuat kerajinan tangan unik atau biasa yang disebut D.I.Y. (Do It Yourself). Selain mudah, kerajinan tersebut tergolong unik dan dapat dijadikan kado ulang tahun, perikahan, kelulusan dan lain-lain.

Bagi anda yang suka sekali mengikuti D.I.Y., ini merupakan bisnis yang sempurna. Karena saat ini banyak orang yang ingin memberikan kado unik tetapi tidak mau susah-susah untuk membuat. Bisnis kado unik  sedang digandrungi oleh para pemuda saat ini.

sipendik.com

5. Bisnis Fotografi dan Video Bagi Pecinta Dunia Fotografi dan Video

bisnis fotografi katalog

Fotografi merupakan sebuah hobi yang cukup menjanjikan. Bahkan, beberapa orang sudah menjadikan fotografi sebagai pekerjaan utama.

Sebenarnya tidak susah untuk mendapatkan uang dari fotografi. Kamu hanya perlu sebuah niat dan komitmen yang kuat. Banyak orang yang suka difoto dan direkam aktivitasnya karena hasilnya menjadi memori yang diabadikan. Bisnis ini berpotensi besar kalau diatur dengan baik.  Untuk memulai bisnis ini, harus mempunyai keahlian dalam menyusun gambar atau video.

Sebelum memulai bisnis fotografi dan video Anda harus memiliki segmentase pasar, siapakah calon konsumen. Anda bisa bertanya kepada diri anda sendiri, skill apa yang sudah dimiliki, karena semakin tinggi skill semakin tinggi pula calon klien dan semakin besar juga bayaran yang akan didapatkan. Setelah itu bisa membuat portfolio. Portfolio adalah kumpulan karya, bisa berupa foto portrait, fashion, jurnalistik, still life, dan sebagainya yang semuanya tergantung lagi kepada segmentasi pasar. Portfolio bisa dicetak dan disusun dalam satu album, atau bisa juga menempatkannya pada media-media sosial di internet. Dan mulailah berpromosi, promosi awal bisa dengan memberikan jasa foto grastis atau dibayar ongkos cetak, mouth to mouth marketing adalah cara yang paling efektif dan efisien.
Kompas.com 

Jangan ragu-ragu untuk memulai sebuah bisnis. Kegagalan pasti akan menghapiri bisnis anda diawal-awal. Perlu kehati-hatian. Jika bisnis gagal pada fase awal, keputusan ada di tangan anda, ingin meneruskan bisnis yang anda geluti atau menyerah.

Keyword:
Google+