5 Tempat Nongkrong Asik yang Recommanded di Daerah Tembalang

JATENGLIVE.COM - Selain dikenal karena Universitas Diponegoro (Undip), kawasan Tembalang juga populer dengan banyaknya pilihan tempat berwisata kuliner.

Beragamnya pilihan kuliner ini tidak lepas dari tingginya jumlah mahasiswa yang berdomisili disana.

Berada di kawasan perkuliahan, umumnya kedai-kedai makan tidak hanya berfungsi sebagai pengobat rasa lapar tetapi juga menjadi arena mahasiswa untuk berkumpul bersama mengerjakan tugas ataupun untuk sekedar kongkow menghabiskan waktu.

Diantara banyaknya tempat nongkrong di Tembalang, tempat-tempat berikut ini bisa dijadikan pilihan untuk berkumpul bersama.

Tidak hanya memiliki sajian kuliner yang nikmat, tempat nongkrong kekinian dan asik berikut ini juga jadi bisa buat kamu makin hits.

Dirangkum oleh Tribun Jateng, berikut adalah lima tempat nongkrong kekinian yang berada di sekitar Tembalang.

1.       Tower Café

Bagian belakang kafe yang memiliki taman dan view langsung ke alam. lantai dua kafe terletak di samping taman

Bagian belakang kafe yang memiliki taman dan view langsung ke alam. lantai dua kafe terletak di samping taman (Tribun Jateng/maulana ramadhan)

Berbeda dari kafe-kafe kebanyakan di Tembalang, Tower Café hadir dengan konsep alami dan tradisionalnya.

Bangunannya didominasi bambu dan kayu sehingga identik dengan nuansa pedesaan.

Terdapat taman di bagian outdoornya, di sini juga pengunjung bisa menyaksikan aktivitas yang jarang ditemui ditempat lain yakni  melihat langsung kerbau dan kambing yang sedang digembala dengan latar belakang Gunung Ungaran yang tinggi menjulang sambil menikmati secangkir kopi hangat.

Menu-menu yang disajikan merupakan paduan tradisional dan modern. Beragam jenis kopi tersedia mulai dari cappuccino, americano, latte, ginger coffee, vietnam drip coffee hingga kopi kopi lokal.

Seperti kopi gayo, kintamani, flores, mandheling, toraja dan wonosobo. Kafe yang buka sejak September 2016 ini buka memiliki fasilitas yang dimiliki cukup lengkap seperti toilet, wifi, proyektor dan live music.

Harga yang ditawarkan Tower Café untuk menu kopi mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 18 ribu. Untuk varian minuman lain mulai dari Rp 4 ribu hingga Rp 13 ribu. Sementara menu makanan dibanderol mulai dari Rp 9 ribu hingga Rp 19 ribu.

Tower Café berlokasi di Jalan Banjarsari Selatan 49 B, Semarang. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 01.00 dini hari.

2. Clapper Movie Café

Sajian kuliner yang bisa jadi teman menonton di Clapper Movie Cafe.

Sajian kuliner yang bisa jadi teman menonton di Clapper Movie Cafe. (Tribun Jateng/maulana ramadhan)

Dengan konsep movie café, nongkrong makin nyaman dengan sajian kuliner dan film-film favorit.

Terdapat sebuah ruangan layaknya mini studio dengan beberapa poster-poster film terpampang didinding yang menambah kesan klasik di kafe ini. Fasilitas yang dimiliki cukup lengkap yakni Wifi dan Toilet.

Ada juga rak-rak yang berisikan dvd-dvd film, buku-buku , komik dan majalah yang berderet rapi. Magnet utama dari kafe ini adalah pemutaran film itu sendiri. Nara Nugroho Pemilik Clapper Café menuturkan, film-film yang diputar biasanya masuk dalam satu tema tertentu.

“Kita ada penjadwalan untuk pemutarannya. Biasanya memang terkait dengan satu tema tertentu, semisal ada hari kanker sedunia, itu kita putar film-film yang bertemakan kanker atau memang lagi ada tema lain ya kita putar film-film yang berkaitan dengan tema tersebut,” tutur Nara.

Pemutaran film di Clapper biasanya dimulai pada pukul 19.00. Pemutaran film di jam tersebut disesuaikan dengan tema yang sedang berlangsung.

Untuk pukul 21.00 keatas, ditambahkan Nara, film yang diputar bebas dipilih oleh pengunjung. Satu lagi yang membuat unik yakni penamaan menu yang menggunakan nama-nama film populer. Range harga menu sendiri mulai dari  Rp 8 ribu – Rp 27 ribu. Clapper Café berlokasi di Jalan Jati Raya No 51, Banyumanik

3. Antara Kata Coffee

Laksa, masakan tradisional yang dimodifikasi disini.

Apple pie Antara Kata Coffee,berbentuk seperti zuppa soup

Berawal dari coffee shop yang mengunggulkan hidangan kopinya, kafe ini pun menghadirkan beragam menu yang cocok sepanjang 24 jam.

“Antara kata tu maksudnya, di antara sela-sela ngobrol disini kan butuh sesuatu, entah makanan atau minuman. Nah, kita menonjolkan kopi, juga ada berbagai macam makanan diantara obrolan atau kata dari pengunjungnya,” ujar Ocsila, Humas dari Antara Kata Coffee Talk.

Selain namanya, interiornya pun cukup berbeda. Antara Kata, mengusung konsep out of the box, yang tetap nyaman. interiornya disusun dari pipa-pipa besi dan kayu, sedangkan dindingnya dari rangkaian batu bata menonjol yang di cat putih. 

Berbagai jenis kopi mulai espresso, macchiato, latte, hingga manual brew yang berasal dari kopi nusantara dihadirkan disini.

Sedangkan untuk menu selain kopi, Antara Kata menyajikan mulai makanan ringan, hidangan utama seperti rice bowl, spaghetti, dan laksa, hingga dessert seperti smoothie dan cheesecake.

Selama 24 jam pengunjung bisa menikmati akses full wifi, listrik di beberapa areanya, juga smoking area. Antara Kata berada di Jalan Durian Raya Nomer 68A, Srondol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang.

4. Bun & Bite

Burger andalan di kafe Bun & Bite kombinasikan telur mata sapi dengan kentang goreng sebagai pelengkap. Daging dan cara pengolahannya meniru resep dari luar negeri.

Burger andalan di kafe Bun & Bite kombinasikan telur mata sapi dengan kentang goreng sebagai pelengkap. Daging dan cara pengolahannya meniru resep dari luar negeri. (Tribun Jateng/Shela Kusumaningtyas)

Kafe yang dibuka sejak November 2016 ini menghadirkan menu burger yang jarang ditemukan di Semarang.

Dituturkan Pandu Indrianto, Sang Pemilik, pulled beef burger menjadi salah satu andalan di kafe yang melayani pengunjung dari pukul 15.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Bagian brisket pada tubuh sapi yang dipilih menjadi daging isian burger kafe ini. Bahan-bahan yang ditumpuk di antara roti bun ialah selada, karamel bawang, telur, daging, tomat, acar, dan mozarela. Kentang goreng menjadi pelengkap yang disandingkan bersama burger.

Telur yang diletakkan di atas burger dimasak setengah matang dengan kuning telur yang membulat agar cantik ketika disajikan. Hadir dengan desain rumah kaca, kafe seluas 5 meter x 10 meter ini bisa menampung sekitar 25 orang.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati sajian burger kekinian tapi juga nongkrong nyaman dengan fasilitas wifi internet.

Bun & Bite Café berlokasi di Jalan Durian Raya nomor 53 Banyumanik.

5.  Loffle Dessert

Loffle Dessert

Loffle Dessert 

Hampir semua pop up dessert kekinian dihadirkan di kafe ini. Loffle menghadirkan hidangan-hidangan penutup terebut dari berbagai negara di Asia dan dimodifikasi sesuai citarasa lokal.

Oriental dessert menjadi favorit pengunjung yang dengan tampilannya yang cantik, yakni kombinasi grass jelly, boom ball, pearl bubble, egg custard, dan vanilla ice cream.

Pembeli pun dapat memilih enam jenis sup yang menggugah, yaitu matcha, taro, manga, krim alpukat, krim pisang, dan honeydew.

Salah satu yang unik, disini menggunakan pelayanan elektronik bagi pemesanannya. Kuitansi pembelian akan langsung dikirim ke email pembeli, keren kan?

Loffle Dessert berlokasi di Jalan Tirto Agung No 50. buka mulai puku 11.00 hingga 21.30 WIB. Berbagai menu hidangan penutupnya disediakan mulai harga Rp 10.000 hingga Rp 21.000.



Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul 5 Tempat Nongkrong Asik di Tembalang, dari yang Bersuasana Pedesaan Hingga Modern Banget, http://jateng.tribunnews.com/2017/02/11/5-tempat-nongkrong-asik-di-tembalang-dari-yang-bersuasana-pedesaan-hingga-modern-banget?page=all.

Editor: muslimah

Google+