7 Bahan pada Skincare yang Perlu Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Memiliki kulit wajah yang cenderung sensitif atau mudah berjerawat memang sedikit butuh banyak energi untuk merawatnya. Tidak semua bahan atau kandungan dalam kosmetik cocok untuk kulit sensitif. Padahal, tuntutan untuk tampil cantik dengan make up kadang tidak bisa dihindari. Agar kulit tetap terawat dengan baik dan Anda bisa berpenampilan menarik, maka cek daftar kosmetik yang wajib dihindari oleh pemilik kulit wajah sensitif berikut ini.

1. Lanolin
Apapun jenisnya, pemilik kulit sensitif cenderung berminyak sebaiknya menghindari bahan yang bisa memicu semakin banyak muncul minyak pada kulit wajah. Salah satunya adalah Lanolin. Bahan ini adalah minyak atau lemak yang berasal dari domba. Jika digunakan untuk pemilik kulit kering, bahan ini memang sangat baik untuk melembabkan kulit. Tetapi kosmetik dengan bahan ini tidak tepat digunakan untuk Anda, pemilik wajah sensitif cenderung berminyak. 
2. Mineral Oil

Bahan mineral oil biasa digunakan untuk membentuk lapisan pada kulit. Akibatnya, bahan ini dapat memerangkap sel kulit mati. Dan yang lebih parah, dapat memerangkap bakteri yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat

3. Petroleum
sesuai namanya, bahan ini adalah bentuk lain dari minyak. Bahan ini sangat tidak disarankan digunakan pada pemilik kulit sensitif cenderung berminyak, karena akan makin menambah lapisan minyak pada kulit Anda. Efek buruknya adalah menyumbat pori-pori dan akhirnya bisa memerangkap bakteri penyabab jerawat.

4. Isopropyl Myristate

Bahan satu ini sebenarnya memiliki kegunaan penting. Karena dapat membuat kulit Anda terasa tidak terlalu berminyak. Sayangnya, bahan ini dapat menyumpan pori-pori dan juga memicu iritasi pada kulit. Akibatnya bakteri penyabab jerawat bisa terahan di kulit.

5. Pewangi Buatan

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, sebaiknya menghindari make up yang mengandung pewangi buatan. Karena pewangi buatan ternyata bisa membuat kulit menjadi iritasi dan akhirnya justru dapat memicu timbulnya jerawat di kulit.

6. Alkohol

Kalau kamu perhatikan, ada banyak acne skin care  yang menggunakan kandungan alkohol di dalamnya karena alkohol bersifat mengeringkan luka. Namun sebaiknya, alkohol hanya digunakan pada produk spot treatment saja karena jika digunakan pada produk skin care lain yang diaplikasikan ke seluruh wajah, maka akan membuat kulit wajah menjadi terasa semakin kering dan mengelupas

7. Silicone

Saat ini, silikon masih banyak ditemukan dalam produk-produk skin care. Biasanya, penggunaan silikon bertujuan untuk membuat produk agar mudah terserap oleh kulit serta untuk mengurangi kekentalan produk itu sendiri. Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui ada tidaknya kandungan silikon dalam daftar ingredients sebuah produk skin care. Kamu cukup mencari kandungan yang berakhiran -icone, seperti dimethicone dan cyclomethicone. Buat kamu yang wondering mengapa silikon ini berbahaya, produk dengan kandungan silikon dapat meninggalkan residu pada kulit walaupun sudah dibersihkan lho. Residu yang tertinggal ini akan menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan terjadinya iritasi yang berujung pada munculnya jerawat. 

Google+