Jangan Panik Jika Makananmu Dikerubuti Semut, Lakukan 4 Cara Ampuh Ini untuk Membersihkannya

JATENGLIVE.COM- Semut bisa jadi serangga yang menyebalkan. Apalagi kalau sudah berada di dekat makanan. Tidak jarang saat kita lengah dan meninggalkan makanan di tempat terbuka, semut akan datang bergerombol dan menyerbu makanan. Kalau hanya sisa makanan, kita bisa segera membuangnya. Tapi bagaimana jika makanan yang dikerubuti masih banyak? Tidak seperti lalat atau tikus yang berhabitat di tempat sampah dan lingkungan kotor, makanan yang dikerubungi semut masih masuk dalam kategori aman. Bagaimana cara membersihkan semut dari makanan?

1. Hentakkan piring di luar rumah

Jika jumlah semut terlalu banyak, kita bisa membawa makanan dan piringnya ke luar rumah. Kemudian hentakkan piring secara perlahan pada lantai hingga semut lari menjauhi makanan. Cara ini dilakukan di luar rumah untuk menghindari semut bersembunyi pada sela meja dan kemudian menyerbu makanan lain. Saat semut sudah mulai hilang, cek makanan kembali apakah masih ada semut yang bersembunyi di balik makanan atau tidak.

2. Letakkan di atas kompor

Baru selesai memasak dan kompor masih panas? Segera letakkan makanan yang dikerubungi semut di atas kompor. Panas dari kompor akan mengusir semut seketika. Tapi pastikan alas makanan adalah piring keramik atau bahan yang tahan panas, ya! Kalau kompor tidak panas, kita bisa menyalakannya sebentar untuk menciptakan efek hangat.

3. Pindahkan ke piring baru

Cara ini dilakukan jika semut tidak dalam jumlah banyak. Biasanya, dihentakkan saja tidak cukup karena semut bisa bersembunyi di balik makanan apalagi seperti gorengan. Pindahkan makanan ke piring yang baru, tapi sebelumnya cek dulu apakah ada semut yang tertinggal. Kalau masih, kita bisa meniupnya atau mengusapnya pelan hingga pergi.

4. Pakai hair dryer

Untuk cara yang satu ini, kita perlu berhati-hati. Jangan sampai udara dari hair dryer mengenai makanan atau makanan bisa jadi sangat kering. Arahkan hair dryer ke pinggir piring dengan kecepatan rendah. Angin akan membuat semut segera menyingkir dari makanan . Oh iya, tips ini hanya bisa dipraktikkan untuk makanan kering seperti gorengan atau camilan. Untuk makanan berkuah, lebih baik dibuang, apalagi jika ada bangkai semut yang terlihat pada kuah makanan. 

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Jangan Panik Jika Makananmu Dikerubuti Semut, Lakukan 4 Cara Ampuh Ini untuk Membersihkannya, http://jateng.tribunnews.com/2018/05/07/jangan-panik-jika-makananmu-dikerubuti-semut-lakukan-4-cara-ampuh-ini-untuk-membersihkannya?page=3.

Editor: muslimah

 

Google+