Kamera Xiaomi Redmi 5 Ungguli iPhone 8, Benarkah?

JATENGLIVE.COM -  Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus disebut-sebut sebagai “perusak pasar”. Smartphone yang dibanderol mulai Rp 1,7 juta tersebut diklaim memiliki desain dan fitur smartphone kelas premium.

Salah satunya adalah layar full-screen dengan rasio 18:9 yang mulanya merupakan kemewahan smartphone high-end semacam Samsung Galaxy Note 8 dan LG G5. Belakangan desain tersebut mulai membumi ke lini kelas menengah semacam Oppo F5 dan Vivo V7 Plus, tetapi baru Xiaomi yang membawanya ke level low-entry.

Selain desain, fitur kamera Redmi 5 dan Redmi 5 Plus juga diklaim berkelas premium, bahkan disandingkan dengan kamera iPhone 8. Setidaknya begitu yang disampaikan Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi, Rabu (14/2/2018).

"Kamera iPhone 8 punya ukuran piksel 1,22 micrometer. Hasil foto kamera Redmi 5 dengan 1,25 micrometer akan lebih apik,” kata dia.

“Untuk membidik foto-foto makanan yang detail seperti nasi goreng, akan terlihat lebih tajam dan menggungah selera. Untuk foto pemandangan akan kelihatan lebih nyata dan hidup,” ia menambahkan.

Diketahui, ukuran piksel merupakan salah satu indikator kualitas kamera smartphone, selain dari jenis sensor, lensa, bukaan lensa, dan chip pemrosesan gambar. Ukuran piksel yang besar akan memaksimalkan kinerja sensor kamera sehingga menghasilkan foto yang mumpuni.

Kamera utama Redmi 5 dan Redmi 5 Plus ini memiliki sensor berkualitas 12 megapiksel. Ada juga dukungan teknologi PDAF untuk mengunci fokus yang lebih tepat.

“Kamera Redmi 5 ini merupakan kamera level flagship,” ujar Steven Shi.

Bukan cuma di sisi belakang, kamera depan untuk selfie pun digarap sesuai kebutuhan pengguna. Meski kualitasnya cuma 5 megapiksel, kamera depan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus disebut-sebut mantap untuk selfie di kondisi minim cahaya.

“Kami memberikan fitur LED selfie-light yang membuat hasil selfie tetap bagus dan natural ketika berada di ruangan gelap,” Steven Shi menjelaskan.

Spesifikasi lain dari Redmi 5 mencakup layar 5,7 inci, baterai 3.300 mAh, RAM dan memori 2GB/16GB atau 3GB/32GB, chipset Snapdragon 450 dengan GPU Adreno 506, serta sistem operasi Android 7.1.

Sementara itu, spesifikasi lain dari varian Plus meliputi layar 5,99 inci, baterai 4.000 mAh, RAM dan memori 3GB/32GB atau 4GB/64GB, chip Snapdragon 625 dengan GPU Adreno 506, serta sistem operasi Android 7.1.

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Xiaomi Sesumbar Kamera Redmi 5 Ungguli iPhone 8

Google+