Kamu punya anemia atau darah rendah? Makan buah ini yuk!

JATENGLIVE.COM – Selain sayur dan daging merah yang dapat meningkatkan sel darah merah, ternyata buah – buahan juga dapat bisa melakukan hal tersebut loh! Berikut ini adalah beberapa jenis buah – buahan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Adakah yang menjadi buah favorit kamu?

Semangka

Buah yang satu ini  mengandung zat besi. Kamu bisa makan dalam kondisi segar. Tentu sangat menyegarkan tubuh jika dimakan di siang hari. Satu potong semangka ukuran sedang bisa memberikan zat besi sebanyak 1,5 gram. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C. Di mana, vitamin C merupakan nutrisi yang diperlukan untuk memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi. Jadi, dalam sekali makan, kamu bisa mendapatkan kedua manfaat ini.

Jeruk

Siapa sangka buah yang terkenal akan kandungan Vitamin C dan antioksidan ini juga menjadi salah satu  buah penambah  darah. Ya, buah jeruk ternyata juga mengandung mineral penting dalam pembentukan sel darah merah, seperti zat besi, asam folat, kalsium, fosfor, tembaga, dan juga berbagai vitamin B. Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat tinggi. Hal ini membuat jeruk dapat membantu menambah darah karena asam folat sendiri dapat membantu tubuh membuat sel darah merah baru. Dalam satu gelas jeruk, mengandung asam folat sebesar 31,5 mcg, menurut USDA National Nutrition Database for Standard Reference. Fungsi lain buah ini adalah membantu penyerapan zat besi pada tubuh karena tinggi kadar vitamin C. Zat besi merupakan komponen sel darah merah yang membantu pengikatan oksigen.

Stroberi

Buah favorit banyak orang ini dapat membantu menambah darah. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah stroberi dapat membantu tubuh dalam produksi sel darah merah. Selain itu, antioksidan juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Wortel

Wortel merupakan buah yang kaya akan vitamin A. Vitamin A dalam bentuk retinol berperan dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh. Untuk dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, kamu disarankan untuk makan wortel minimal dua kali per minggu.

Kalau kamu kurang suka memakannya secara langsung, kamu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus juga. Selamat mencoba yaa!

Google+