Kuliner Semarang: Lezatnya Soto Medan di Hotel Noormans Semarang

Masakan soto yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Misalnya Soto Kudus yang khas dengan daging kerbaunya, atau Soto Sumenep (Madura) yang khas dengan sambal petisnya. Di Medan, Sumatera Utara, juga terdapat soto khas yang bernama Soto Medan. Yang membedakan dari soto lain, masakan ini menggunakan suwiran ayam yang digoreng.

Executive Chef Hotel Noormans Semarang, Andreas, mengatakan, khasnya Soto Medan yang ia buat selain suwiran ayam yang digoreng, yakni santan kental beserta aroma kunyitnya.

Masakan Sumatera yang ini, memang juga dikenal dengan banyaknya rempah yang digunakan. Tak hanya kunyit, ada juga bunga lawang, jintan, jahe, kapulaga, serai, dan lengkuas.

"Masakan-masakan Sumatera memang cenderung menggunakan banyak rempah. Termasuk juga Soto Medan ini. Maka dari itu rasanya cenderung gurih santan dan khas rempah-rempah. Yang khas lagi selain suwiran ayam, yakni ada potongan telur rebusnya," bebernya kepada Tribun Jateng, Rabu (31/1) siang.

Secara tampilan, Soto Medan yang disajikan dalam promo menu hingga bulan Maret di Hotel Noormans Semarang ini, dominan berwarna kuning, merah tomat, dan kuning emas dari suwiran ayam dan bawang goreng.

Soto yang berisi sayuran berupa kucai, kentang, tauge, kol yang ada di dalam mangkok persegi, bersanding sejajar dengan pelengkapnya. Di antaranya ada potongan lontong, tempe goreng, dan bergedel.

"Supaya lebih nikmat, bisa ditambahkan dengan sambal rawit," ucapnya.

Pihak hotel membandrol menu ini di angka Rp 40 ribu per porsi, dan sudah mendapatkan satu gelas es teh.

Menu Soto Sumenep disajikan di Noormans Hotel, Jalan Teuku Umar, Kota

Menu Soto Sumenep disajikan di Noormans Hotel, Jalan Teuku Umar, Kota (Tribunjateng.com/M Syofri)

Selain Soto Medan yang termasuk dalam promo tiga bulanan, chef Andreas juga menyajikan Soto Sumenep, Soto Kudus, Coto Makasar, dan Soto Betawi yang memiliki citarasa yang berbeda-beda. Harga seluruh soto yang disajikan juga tetap sama.

"Jangan sampai ketinggalan promonya, karena hanya akan ada sampai akhir Maret 2018. Bisa juga disajikan sebagai layanan kamar," pungkasnya.

 

Berita in ipernah ditayangkan di Tribunjateng.com dengan judul Kaya Rempah dan Ada Suwiran Ayam Renyah, Soto Medan di Hotel Noormans Semarang Memang Beda

Google+