Pakai Mesin VVA, Yamaha MT-07 Bakal Hadir Tahun Depan

Yamaha sedang mempersiapkan versi terbaru dari MT-07, ini adalah varian naked-bike dari pabrikan berlogo garpu tala.
Pada versi terbaru ini, ubahan yang dibawa Yamaha diprediksi akan lumayan banyak khususnya pada sector mesin dengan penambahan teknologi yang baru.
Konon kabarnya Yamaha MT-07 versi baru nanti mesinnya bakal dilengkapi oleh teknologi VVA.
VVA (Variable Valve Actuation) merupakan sistem yang mengatur kerja klep (valve). Fungsinya untuk mengatur bukaan valve yang bertujuan untuk menyesuaikan suplai BBM ke dalam ruang bakar.Mengandalkan putaran mesin, VVA akan mengatur pembagian kerja dengan dua profil kem hisap.
Satu untuk mengoptimalkan performa di putaran bawah, sementara satu kem lagi yang punya profil berbeda dari kem pertama akan bekerja untuk mengoptimalkan putaran atas saat mesin sudah sampai di rpm tertentu.
Saat ini, VVA sudah digunakan di beberapa produk Yamaha termasuk NMAX, AEROX, dan R15. Ketika putaran mesin kecil valve-nya akan terbuka kecil, bahan bakar yang keluar juga sedikit. 
Sebaliknya saat putaran mesin tinggi, valve otomatis membuka lebih besar, semprotan bahan bakar lebih banyak. Teknologi ini membuat tenaga mesin lebih terasa responsif dan tetap irit bahan bakar. 
Dengan begitu performa Yamaha MT-07 ini bisa tetap resposif dan tenaganya tidak drop pada putaran atas. Dengan adanya VVA ini, jelas performa Yamaha MT-07 ini bisa tetap galak meski emisinya sudah harus ditekan karena pemberlakuan Euro5 di Eropa dan Amerika. Hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Yamaha karena tenaga yang besar akan tetap mudah untuk didapatkan. 
Yamaha MT-07 anyar ini bakal dibekali mesin 689 cc dua silinder, dan diperkirakan bakal dirilis tahun 2020.

Keyword:
Google+