Rekomendasi Obyek Wisata Ciamik Wonogiri Tuk Habiskan Akhir Pekan

JatengLive.com- Kabupaten Wonogiri terkenal dengan makanan gapleknya, tetapi tidak hanya terkenal dengan gapleknya saja loh banyak tempat wisata yang tak boleh dilewatkan apalagi saat akhir pekan. Ini dia pilihan tempat wisata di Wonogiri yang recommended.

Pantai Banyutowo

Tempat Wisata Pantai Banyutowo terletak di Desa Gudangharjo Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Pantai Banyutowo di Wonogiri sendiri memiliki keistimewaan tersendiri dibanding dengan pantai lainnya, yaitu memiliki sumber air yang tawar tidak asin. Air tawar ini bersumber dari air bawah tanah yang bermuara di Pantai. Seperti yang kalian ketahui bahwa di wilayah Wonogiri terdapat hamparan karst yang sagat luas. karst ini sangat memungkinkan pembentukan air bawah tanah di bawah permukaan. Selain air tawarnya, daya tarik wista pantai Banyutowo ini adalah pemandangannya yang sangat indah.

Bukit Cumbri

Bukit Cumbri terletak diantara perbatasan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri. Jika kalian ingin masuk ke Bukit Cumbri dari arah Wonogiri kalian bisa mampir ke Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Bukit Cumbri memiliki ketinggian 638 mdpl. Dengan hamparan pemandangan alam dan bukit nan luas tempat ini cocok untuk menikmati sunrise maupun sunset. Untuk mencapai puncak bukit bisa ditempuh 1 jam jalan kaki santai dari tempat parkir kendaraan. Walaupun cukup lama waktu tempuhnya semua akan terbayar dengan indahnya pemandangan di Bukit Cumbri. Oh ya hati-hati dengan jalannya ya..

Waduk Gajah Mungkur

Waduk buatan ini sudah sangat dikenal kalangan masyarakat sekitar Wonogiri bahkan sudah meng-Indonesia. Waduk ini mempunyai pemandangan yang sangat bagus sehingga bisa digunakan untuk memanjakan mata. Waduk yang memiliki luas sekitar 8800 hektar ini berada di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Lokasi Waduk Gajah Mungkur bisa ditempuh kurang lebih 20 menit dari pusat kota kearah selatan.

Alas Kethu

Alas Kethu memiliki pohon-pohon yang tinggi, diantara pohon yang tumbuh disini adalah pohon jati, mahoni, dan kayu putih. Hutan ini berada di Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri. Alas Kethu dijadikan tempat wisata, bukan tanpa alasan karena hutan ini memiliki panorama hutan yang tak kalah menarik dengan hutan-hutan yang ada di Eropa, cocok dijadikan latar belakang foto bagi anda yang hobi photography atau tempat untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono merupakan spot wisata alam yang menawarkan paket wisata penjelajahan alam yang sungguh luar biasa. Konon katanya keindahan di dalam goa alami ini sangatlah memukau tidak lupa dengan stalakmit dan stalaktit berbagai ukuran. Nah bagi yang penasaran, lokasi tempat wisata alam Wonogiri punya ini berada di Kecamatan Pracimantoro yang berjarak 40 km dari pusat kota Wonogiri.

Google+