Menikmati Kota Solo Dengan Bathara Kresna dan Jaladara







JatengLive.com- Solo, jika kalian sedang mampir mengunjungi kota yang satu ini jangan sampai melewatkan berkeliling Kota Solo dengan menggunakan kereta Jaladara dan Bathara Kresna. Adanya kereta Jaladara dan Bathara Kresna tak hanya menjadi alternatif liburan bagi warga Solo tetapi juga para wisatawan domestik maupun mancanegara. Yuk langsung saja berkenalan dengan Kereta Jaladara dan Bathara Kresna.

Steam Loco Jaladara atau yang disebut dengan Sepur Kluthuk Jaladara sudah melintasi kota Surakarta sejak 27 september 2009, kereta Jaladara diresmikan oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi’I Djamal dan Walikota Solo Joko Lokomotif kereta uap wisata jaladara ini buatan Negara Jerman pada tahun 1896, diambilkan dari Museum Palagan Ambarawa, sementara gerbongnya dari Magelang dan Bandung.  

Kereta Uap Jaladara memiliki Rute dari Stasiun Puwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah yang berjarak kurang lebih 5.6 kilometer. Rute ini melewati Jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo dan akan singgah beberapa saat di beberapa tempat perhentian dalam satu trip pulang pergi, diantaranya adalah Kampung Kauman, Loji Gandrung,Galery Oleh2 dan Souvenir Solo Raya (Soloya),  Karaton Surakarta,  dan lain-lain. Jika kalian ingin naik kereta ini setidaknya kalian harus merogoh kocek sebesar Rp 3.500.000 (sistem carter). Jika hendak memesan, maksimal harus seminggu sebelumnya karena Jaladara butuh persiapan yang cukup untuk bisa melayani wisatawan secara optimal.

Selanjutnya kita berkenalan dengan Railbus Batara Kresna adalah sebuah kereta perintis yang beroperasi di jalur Solo-Wonogiri. Batara Kresna resmi beroperasi secara reguler sejak 11 Maret 2015 dengan harga tiket Rp 4.000. Railbus Bathara Kresna merupakan railbus kedua di Indonesia setelah Railbus Kertalaya yang beroperasi di Sumatera Selatan pada tahun 2009. Bathara Kresna memiliki 3 rangkaian gerbong dengan kapasitas penumpang maksimal sebanyak 117 orang. Penumpang railbus sendiri akan disuguhi pemandangan perkotaan sepanjang Jalan Slamet Riyadi, perkampungan, sungai, hingga hijaunya hamparan sawah di Kabupaten Sukoharjo.

So, tertarik untuk mencoba kereta wisata khas Kota Solo yang mana? Kereta Uap Jaladara atau Railbus Bathara Kresna???

sumber gambar: chez-space.blogspot.co.id, www.yusufabdurrohman.com, blogainunmjs.blogspot.co.id

Google+