Sego Kobong Kuliner Khas Blora Selain Sate, Wajib dicoba

JATENGLIVE.COM - Blora yang terkenal dengan sate khasnya, ternyata juga menyimpan khasanah kuliner lain yang juga proses penyajiannya dengan dibakar.

Warung Nasi Kobong milik Delta Mardhani (32) terletak di Jalan Gunung Lawu, Kelurahan Tempelan, Blora setiap hari ramai oleh penikmat setia nasi kobong. Karena penyajiannya yang dibakar dahulu, sehingga bisa dinikmati ketika nasi panas bercampur aroma daun pembungkus dan bumbu di dalamnya. Itulah yang menjadi daya tarik pembeli.

Setiap hari Delta mampu menjual hingga 150 bungkus nasi bakar, dengan harga per bungkusnya Rp 4000. Warung yang buka pada pukul 11.00 WIB ini selalu ramai, tentu saja tidak lama nasi bakar itu ludes diserbu pembeli.

Ada beberapa varian rasa dalam nasi bakar tersebut, yakni rasa ayam, pindang, jamur, udang, opor, cumi, dan teri. Masing-masing varian misal ayam, di dalamnya terdapat daging ayam yang tentu memberikan aroma yang sedap. Begitu juga dengan varian yang lain. ”Mayoritas pembeli lebih suka yang ayam dan cumi,” tutur Delta.

Warung Nasi Kobong yang selalu ramai oleh pembeli, sebenarnya tidak ada resep khusus, untuk bumbu yang diberikan pun pada dasarnya biasa, menggunakan rempah-rempah biasa yakni bawang merah dan putih, serta jahe. Akan tetapi Delta membeberkan agar ada aroma khusus pada nasi kobong tersebut, yakni ia mengolekas daun kemangi pada daun pisang yang akan dibuat bungkus nasi kobong tersebut.

Ia membuka usaha Warung Nasi Kobong semula terinspirasi dengan arem-arem pada tahun 2013, yang kemudian bereksperimen dengan nasi yang penyajiannya dibakar. Tak sia-sia hasil uji cobanya berhasil dan kini setiap hari ramai di serbu pembeli.

 

Artikel ini pernah ditayangkan di murianews.com dengan judul Tak Cuma Sate, Nasi Kobong Juga Jadi Kuliner Khas Blora.

Google+