Surga Tersembunyi Di Pantai Selatan Jawa Tengah

            Kebumen merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara dibagian utara, di bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Cilacap, dan bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo dan Purworejo. Kebumen dikenal sebagai Kota yang memiliki pantai yang indah, salah satunya pantai menganti yang terletak di desa karangduwur Kecamatan Ayah.
            Pantai menganti dibuka untuk umum pada tahun 2011. Pantai menganti merupakan tempat wisata yang potensial untuk dikembangkan karena dapat membantu roda perekonomian masyarakat sekitar karena banyak orang yang mengunjungi tempat ini. Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk membuat orang yang berkunjung ke tempat ini akan merasa nyaman dan betah berlama-lama. Pada hari libur, tempat ini akan dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah yang sengaja mengunjunginya karena keindahan tempatnya dan belum banyak orang yang tahu akan tempat ini. Keramahan masyarakat sekitar juga menambah nilai lebih akan pantai ini.           
            Meskipun membutuhkan keahlian dan tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini dengan melewati medan perbukitan yang naik dan turun dengan belokan tajam, semua itu akan terbayar ketika kaki sudah menginjak pasir putih yang halus dan bersih serta merasakan angina yang sejuk dan desiran ombak yang menghantam batu karang. Pemandangan lebih indah bisa dilihat jika kita mendaki bukit di sisi timur pantai. Di puncak bukit terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda setinggi 20 meter yang masih bisa dinaiki hingga ke puncaknya. Dari lokasi ini, mata kita otomatis akan dapat memandang seluruh kawasan pantai, lekuk-lekuk bukit karang membentang, hingga birunya samudra.
            Jembatan Merah merupakan salah satu spot yang paling menarik dan menjadi tempat favorit untuk berfoto di pantai Menganti. Jembatan ini dibangun tepat di atas karang-karang pantai yang mengarah ke laut lepas. Pemberian nama jembatan merah sebab jembatan ini di cat dengan warna merah yang begitu kontras dengan warna sekitarnya yaitu hitam dan hijau. Jadi sangat terlihat begitu cerah dari kejauhan. Tempat ini juga cocok dijadikan untuk menikmati datangnya sunset, sebab posisinya yang menghadap ke arah barat.

Keyword:
Google+