Tips Mencari Pekerjaan di Lokasi Baru

JatengLive.com - Berpindah pekerjaan barangkali telah biasa. Namun, bagaimana bila Anda tiba-tiba berhenti dari pekerjaan lama dan harus pindah ke kota yang baru?

Ini kerap terjadi pada pasangan suami-istri. Saat suami dipindah kerja ke suatu kota atau negara, banyak istri memilih meninggalkan pekerjaannya dan mengikuti tempat baru. Perempuan yang terbiasa bekerja tentu merasa “kaget” apabila tiba-tiba tidak memiliki pekerjaan. Namun, merintis karier di lokasi baru tidak selalu mudah. Apalagi bila kondisi lokasi baru sangat berbeda dengan lokasi domisili sebelumnya.

Hal ini dialami oleh Kailing (28). Ia harus meninggalkan pekerjaannya di Australia untuk mengikuti suaminya yang kembali ke Indonesia. Kailing beruntung. Berkat kefasihannya berbahasa Mandarin, ia mendapatkan pekerjaan sebagai guru bahasa Mandarin. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan seperti Kailing.

Untuk itu, berikut ini hal-hal yang perlu Anda lakukan ketika harus keluar dari pekerjaan dan berpindah di tempat yang baru. Pertama, untuk mendapatkan pekerjaan baru dengan segera, manfaatkanlah media sosial seperti LinkedIn. Pilihlah lokasi kerja yang sesuai dengan tempat tinggal Anda yang baru.

Kedua, manfaatkan networking. Selain media sosial, Anda bisa mencari pekerjaan melalui kenalan, teman, atau saudara yang memiliki informasi tentang pekerjaan baru. Meskipun Anda mendapatkan informasi dari kenalan, laluilah proses perekrutan sesuai prosedur perusahaan.

Ketiga, hindari terlalu memilih-milih pekerjaan. Mencari pekerjaan yang sesuai kemampuan diri memang sudah pasti. Namun, sebaiknya jangan lantas menolak setiap pekerjaan yang tidak disukai. Lebih baik, pelajarilah dulu tawaran pekerjaan sebelum mengambil atau menolak pekerjaan.

Keempat, kembangkan kemampuan diri sendiri. Apabila Anda mempunyai hobi, misalnya berenang, kembangkan hobi ini agar menjadi pekerjaan sampingan. Misalnya, menjadi guru renang. Alternatif lainnya adalah mengikuti kursus tertentu. Contohnya, kursus desain pakaian dan kursus bahasa asing. Ini juga bisa menjadi pemasukan tambahan.

Terakhir, Anda perlu sigap dalam beradaptasi. Lingkungan tempat tinggal baru bisa jadi sangat berbeda dibandingkan domisili lama, baik dari suasana kota, lingkungan alam, hingga cuaca. Anda juga perlu membuka tali pertemanan dengan masyarakat sekitar atau bersosialisasi. Kenalilah lingkungan di sekitar tempat tinggal Anda. Bisa jadi, ada potensi yang belum tergali dan bisa dikembangkan untuk merintis bisnis baru.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah pengelolaan keuangan. Karena Anda tidak memiliki pekerjaan, sebaiknya lebih cermatlah dalam mengelola rencana pemasukan dan pengeluaran rumah tangga. [*/MIL]

Artikel ini telah tayang di https://klasika.kompas.id/tips-mencari-pekerjaan-di-lokasi-baru/

Keyword:
Google+