Perbedaan Cendol dan Dawet Si Mirip Tapi Beda

JATENGLIVE.COM – Mendengar namanya tentu sudah tidak asing lagi tentunya. Ya ‘dawet’dan ‘cendol’ memang sudah tidak asing lagi dibelahan nusantara Indonesia. Keduanya memang terlihat mirip dan sama. Namun tidakkah kamu tahu bahwa keduanya memiliki perbedaan?

1. Asal-usul

Dari asal-muasalnya cendol dan dawet pun sudah berbeda. Es cendol berasal dari Sunda yaitu Bandung, sedangkan Es dawet berasal dari Tanah Jawa yaitu Banjarnegara.

2. Bahan Pembuatan

 

Karena dari asal-muasal es cendol sama es dawet tidak berasal dari daerah yang sama tentu bahan dasar pembuatannya pun berbeda lho guys. Bahan dasar pembuatan es cendol dulunya terbuat dari tepung hunkwe, Sedangkan bahan dasar es dawet dulunya terbuat dari tepung beras ataupun tepung beras ketan. Selain itu es cendol diberikan warna dengan pewarna makanan, sedangkan es dawet diberikan pewarna dengan daun suji untuk terlihat hijau.

3. Tekstur

 

Sedangkan untuk tekstur es cendol memiliki tekstur lembut sedangkan es dawet memiliki tekstur kenyal karena terbuatdari bahan hunkwe yang serupa dengan bahan pembuatan agar-agar.

4. Proses Percetakan

 

Es cendol biasa dicetak dengan alatpnecetak cendol karena ia akan terlihat rapi. Sedangkan untuk percetakan dawet biasanya menggunakan perkakas dapur yang lebih simpel dan terlihat lancip-lancip disetiap ujungnya.

Namun untuk penyajian, es cendol dan es dawet memiliki kesamaan yaitu disajikan dengan santan dan gula merah. Dan semakin segar dengan tambahan butiran es. Jadi jangan sampai salah sebut lagi ya guys!

Google+