Candi Sembodo Dulu dan Sekarang

Candi Sembadra merupakan salah satu candi yang tergabung dalam kelompok candi Arjuna, Kelompok Candi Arjuna ini terdiri dari Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra itu sendiri. Candi Sembadra sendiri terletak di ujung Utara dari barisan kelima Candi tersebut, sedangkan komplek Candi Arjuna secara administrasi berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Penamaan Candi Sembadra Candi dieng sesuai dengan nama dalam tradisi pewayangan jawa adalah Sembadra ( Dewi Subadra ) atau sosok perempuan yang di persunting arjuna.

Image result for wisata ke Candi Sembadra di Dieng

Candi Sembadra yang memiliki ukuran yang mungil bisa dibandingkan dengan candi di komplek Arjuna. bangunan candi yang berukuran 4,75 x 5,50m ini sepintas terlihat seperti bangunan bertingkat, karena atapnya berbentuk kubus yang ukurannya hampir sama besar dengan ukuran tubuhnya. Puncak atap sudah hancur, sehingga tidak terlihat lagi bentuk aslinya. Di keempat sisi atap juga terdapat relung kecil seperti tempat menaruh arca. Candi Sembadra saat ditemukan pertama kali dalam kondisi rusak atau retak-retak. Belanda sempat melakukan restorasi candi itu sehingga kondisinya lebih baik.

Pada pada bulan Mei 2019 Candi Sembadra direstorasi dan selesai pada bulan November 2019. Pada proses restorasi, terjadi proses pengerjaan yang cukup sulit. Pada proses ini para pekerja Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah berusaha menyusun batu dengan melihat struktur yang ada di bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan bagian atap candi, batu-batu asli yang ditemukan jumlahnya sedikit. Sehingga penggantian dengan batu yang baru harus dilakukan.

Image result for Candi Sembadra di Dieng

Dengan wajah barunya, keberadaan Candi Sembadra ini diharapkan bisa menjadi daya tarik baru objek wisata candi Dieng. Terlebih, Candi Sembadra ini memiliki keunikan tersendiri di banding candi-candi lain di dataran tinggi Dieng. Candi Sembadra satu-satunya candi di Dieng dengan pola denah segi delapan. Karenanya, bentuk tubuh dan atap candi berbeda dengan candi lain pada umumnya yang berdenah segi empat. Arsitekturnya pun menarik, lebih tambun dibanding candi lain di sekitarnya yang lebih ramping.

Lokasi Candi Sembadra

Lokasi Candi Sembadra berada di sebelah selatan Candi Putadewa, Dieng. Lokasinya tepat berada di Kompleks Candi Arjuna. Alamat Candi Sembada tepatnya di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia sekitar ±37.33 Km dari Kantor Bupati Banjarnegara.
 

Keyword:
Google+