Fakta Ikan Penis yang Gegerkan Pantai California

David Ford berkunjung ke Drake's Bay di Pantai California Utara, Amerika Serikat, lalu matanya terpaku pada ribuan ikan penis (penis fish) yang terdampar di pantai. Ford memotret foto ikan penis tersebut pada 6 Desember 2019. Kemudian ia membagikannya dengan majalah Bay Nature untuk segmen "Ask the Naturalist." Ia juga bertanya kepada ahli biologi, Ivan Parr. 

Image result for Ikan Penis

Makhluk merah muda dengan nama ilmiah Urechis unicinctus ini sebenarnya spesies cacing sendok yang berukuran sepanjang 10 inci (25,4 cm). Cacing ini menghuni daerah intertidal rendah hingga subtidal, dari Oregon Selatan ke Tijuana Slough, Meksiko. Ikan penis biasanya terlihat di antara Teluk Bodega dan Monterey, sekitar 200 mil jauhnya dari Meksiko. Ikan penis sendiri bisa bertahan cukup lama. Usianya, menurut para ahli, bisa mencapai 25 tahun.

Inilah fakta tentang Urechis Unicinctus, spesies laut yang sangat mirip dengan alat kelamin pria.

1. "Ikan penis" sebetulnya adalah cacing
Ikan ini sebetulnya masuk ke dalam keluarga cacing. Namun masyarakat awam sering keliru dalam menamakan spesies cacing pemakan plankton ini. Cacing ini juga memiliki metabolisme tubuh yang memungkinkan mereka untuk hidup di dua alam, yakni air dan darat (bawah tanah). Penyebaran habitatnya yang paling banyak ada di Asia, dan beberapa di Australia serta Amerika.
Image result for Ikan Penis
 
2. Dianggap Lezat di Korea Selatan
Iklan dikenal sebagai gaebul(alat kelamin anjing) di Korea Selatan ini dianggap sebagai hidangan yang lezat. Mirip dengan tiram, ikan penis dipotong-potong dan langsung dimakan. Tidak semua orang memakannya di tempat. Beberapa penduduk lokal menumis gaebul dengan kimchi. Lainnya memanggang gaebul dengan bumbu garam, merica, dan minyak wijen.
 
3. Mengeluarkan jaring lendir untuk menangkap plankton
Ikan penis menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah tanah. Mereka menggali lubang berbentuk U, yang memanjang beberapa meter, tetapi tidak lebih lebar dari ukuran mereka sendiri. Untuk makan, spesies cacing sendok ini mengeluarkan jaring lendir dari kelenjar menangkap plankton dan bakteri. 
 
4. Nelayan menggunakan ikan penis sebagai umpan
Nelayan dari seluruh dunia berburu dan menangkap ikan penis lalu menggunakannya sebagai umpan. Mereka sulit ditemukan, tetapi sangat efektif untuk menangkap ikan. 

Keyword:
Google+