Parasite Dituduh Plagiat Film India Minsara Kanna

Oscars 2020 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu (9/2/2020) malam waktu setempat atau Senin (10/2/2020) pagi Waktu Indonesia Barat (WIB). Parasite, drama komedi tentang keluarga miskin yang menyusup ke rumah orang kaya adalah film bahasa asing pertama yang meraih empat Piala Oscars. Parasite meraih piala untuk sutradara terbaik, naskah film asli terbaik dan film internasional terbaik.

Namun dibalik kesuksesan yang mengejutkan itu, tersiar kabar jika film "Parasita" adalah plagiat dari film Tamil "Minsara Kanna" asal India. "Saya melihat film Korea Selatan Parasite dan saya merasa bahwa mereka telah mencuri inti film dari Minsara Kanna," kata Thenappan. Namun, ia tak menyebutkan secara rinci bagian mana dari filmny yang dijiplak Parasite.

Sutradara film Minsara Kanna yang dirilis pada tahun 1999 silam, PL Thenappan, berencana akan menuntun Bong Joon Ho yang telah mensutradarai film 'Parasite'.

Image result for parasite dituduh plagiat film india

Pada 18 Februari, perusahaan yang memproduksi film Parasite, CJ Entertainment, buka suara soal tudingan plagiarisme dari seorang produser film India.

Dalam sebuah wawancara dengan Maeil Business Newspaper’s Star Today, seorang sumber dari CJ Entertainment menanggapinya. “Kami tidak memiliki pengetahuan tentang klaim plagiarisme dari sebuah film India. Kami belum menerima informasi mengenai masalah ini," ujarnya.

Kedua film itu memang memiliki narasi yang mirip di mana satu anggota dari keluarga miskin melamar pekerjaan di keluarga kaya, kemudian membawa anggota keluarga lainnya satu demi satu untuk bekerja di rumah itu. Namun, beberapa pengguna media sosial membela Parasite dengan mengatakan bahwa meskipun kedua film mirip, Minsara Kanna tetap sebuah film yang sangat berbeda.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan The Hollywood Reporter, sutradara Parasite Bong Joon Ho dikabarkan mendapat inspirasi dari masa usianya 20-an, di mana pacar yang kini jadi istrinya menyebutnya sebagai guru matematikan untuk keluarga kaya.

 

Keyword:
Google+