Youn Yuh Jung Dari Minari Menjadi Aktris Korea Pertama Yang Memenangkan Penghargaan Di Oscar

Kejutan demi kejutan terus berlanjut dalam pergelaran Oscar 2021. Setelah Chloe Zhao sukses mencatatkan namanya sebagai sutradara perempuan Asia pertama yang meraih Oscar, Youn Yuh-jung mengikuti jejaknya dengan menjadi aktris Korea pertama yang memenangi Academy Awards.

Aktris Youn Yuh-jung yang berperan sebagai nenek dalam film Minari berhasil membawa pulang piala Best Supporting Actress atau Aktris Pendukung Terbaik dalam ajang penghargaan Academy Awards ke-93 atau Oscar 2021. Dengan raihan ini, ia jadi aktris Korea pertama yang mampu memboyong Piala Oscar. Penghargaan ini ia dapatkan di usianya ke-73.

Ia yang sudah diprediksi meraih penghargaan itu berhasil mengalahkan Maria Bakalova (Borat Subsequent Moviefilm), Glenn Close (Hillbilly Elegy), Olivia Colman (The Father), dan Amanda Seyfried (Mank).

Penghargaan dan nominasi Oscar yang dibacakan oleh Brad Pitt ini merupakan kali pertama bagi Youn Yuh-jung. Penampilannya dalam Minari apik dan banyak mendapat pujian.

Pidato kemenangan Youn Yuh-jung sekaligus menjadi pidato kemenangan terlucu yang berhasil mengocok perut para tamu undangan. Sebelum memulainya, ia bahkan sempat menggoda Brad Pitt yang bertugas sebagai orang yang mengumumkan pemenang di kategori Aktris Pendukung Terbaik. 

"Tuan Brad Pitt, akhirnya kita bertemu. Senang bertemu dengan Anda," ucap Yuh-jung diiringi tawa membahana para tamu undangan.

Lalu, Youn Yuh-jung berkelakar tentang orang-orang Eropa dan Amerika yang kerap salah menyebutkan namanya. 

"Seperti yang kalian tahu, aku berasal dari Korea. Banyak orang Eropa dan Amerika yang salah menyebutkan namaku. Namun, malam ini kalian semua aku maafkan," katanya.

 Youn Yuh-jung tampil memukau sebagai Soon-ja di film Minari. Kemenangan Youn Yuh-jung sekaligus menggagalkan mimpi Glenn Close untuk meraih Oscar perdananya. Sepanjang kariernya, Glenn Close sudah delapan kali masuk nominasi, tetapi tak pernah berhasil pulang membawa Piala Oscar.

Dikutip dari Yonhap, aktris kelahiran 1947 ini populer di Korea Selatan lewat film "Fire Woman" (1971), namun pada pertengahan 1970-an dia meninggalkan dunia hiburan setelah menikahi penyanyi populer Cho Young-nam dan pindah ke Amerika Serikat.

Setelah bercerai, dia kembali lagi untuk berkarya pada akhir 1980-an dan berupaya keras diterima lagi karena publik Korea Selatan saat itu memandang negatif perempuan yang bercerai. Peran yang sudah ia mainkan bervariasi, mulai dari pelayan muda yang menggoda majikan hingga nenek nyentrik di film teranyar.

Beberapa tahun terakhir, dia mengambil peran-peran pendukung atau peran kecil di proyek kecil yang skenarionya memikat, atau dibuat oleh orang yang dekat dengannya. Dia berperan sebagai nenek buta huruf di film indie "Lucky CHan-sil" (2019) tanpa bayaran, juga ibu demensia di film thriller "Beasts Clawing at Straws" (2020), film debut sutradara Kim Yong-hoon.

"Youn's Stay", serial realita populer di mana dia dan selebritas Korea lain mengelola penginapan untuk orang asing sedang ditayangkan di televisi.

Dia mengatakan, saat ini adalah masa yang luar biasa dalam hidupnya. Sejak menginjak usia 65 tahun, dia memutuskan untuk bekerja hanya dengan orang yang ia sukai, orang yang ingin bekerja dengannya, tanpa mempedulikan uang atau ketenaran.

"Saya akan senang bila meninggal setelah melakukan apa yang saya sangat sukai."

 

 

Keyword:
Google+