Perbandingan Spesifikasi Realme XT dan Redmi Note 8 Pro







Brand ponsel baru Redmi dan Realme merilis smartphone baru mereka di Indonesia. Pabrikan subrand Xioami ini telah mengeluarakan ponsel barunya terlebih dahulu yakni ponsel dengan nama Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro yang dirilis pada Kamis, 17 Oktober 2019. Sedangkan Realme baru akan memperkenalkan Smartphone baru mereka yakni Realme XT, besok Rabu, 23 Oktober 2019.

Dikutip dari laman Gizmochina, September 2019, beginilah perbandingan kedua smartphone Redmi note 8 Pro dan Realme XT.

Persaingan antara Redmi dan Realme memang sangat sengit. Segera setelah Xiaomi merilis mid-ranger baru yang berpotensi laris, Realme menghadirkan alternatif yang valid. Beberapa jam sebelum pengumuman Redmi Note 8 Pro yang memiliki kamera 64 MP pertama di dunia untuk perangkat mobile, sub-merek Oppo mendahuluinya dengan meluncurkan Realme XT yang juga dilengkapi kamera 64 MP.

Redmi dan Realme dikenal sebagai ponsel canggih dengan harga terjangkau. Baik Realme XT dan Redmi Note 8 Pro sama-sama memakai bodi belakang dengan kaca elegan. Dari segi desain, Realme XT memiliki dimensi lebih ringkas dengan pemindai sidik jari di layar. 

Kedua ponsel memiliki bingkai plastik dan perlindungan Gorilla Glass 5 untuk tampilan dan penutup belakang, namun Realme XT lebih kecil, lebih tipis, dan bahkan lebih ringan dari Redmi Note 8 Pro. 
 
Dari sisi layar, Redmi Note 8 Pro tertinggal jauh karena masih mengandalkanl IPS, sedangkan Realme XT memiliki panel Super AMOLED yang lebih baik, menampilkan warna hitam lebih dalam dan warna sangat cemerlang. Satu-satunya keuntungan dari Redmi Note 8 Pro adalah tampilan diagonal yang lebih luas, sehingga lebih nyaman bagi gamer.  

Dari sisi perangkat keras, Redmi Note 8 Pro lebih unggul. Meskipun Realme XT hadir dengan penyimpanan internal UFS 2.1 yang cepat, Redmi Note 8 Pro memiliki chipset jauh lebih kuat dengan kinerja CPU lebih baik, sistem pendingin lebih maju, dan bahkan GPU yang lebih baik. Satu-satunya kelemahan adalah proses produksi 12 nm yang membuatnya kurang hemat energi.

Realme XT dan Redmi Note 8 Pro memiliki kamera yang sangat mirip. Keduanya memiliki 4 kamera di belakang dengan sensor yang persis sama: kamera 64 MP pertama di dunia untuk perangkat seluler, lensa ultrawide, kamera makro khusus, dan sensor kedalaman, semuanya dengan 8 + 2 + 2 MP. Di atas kertas, Redmi Note 8 Pro tampaknya memiliki kamera depan lebih baik, sementara Realme XT mampu merekam video gerakan ultra lambat 960 fps.  

Xiaomi melengkapi Redmi Note 8 Pro dengan baterai yang jauh lebih besar daripada Realme XT, tetapi komponennya memiliki konsumsi daya yang jauh lebih tinggi. Layar lebih menuntut energi karena panel LCD yang lebih luas, serta chipset MediaTek Helio G90T dibandingkan dengan Snapdragon 712.  

Harga Redmi Note 8 Pro di Jakarta untuk varian 6/64 GB Rp 3,099 juta dan harga perkenalan Rp 2,999 juta, sementara untuk versi 6/ 128 GB dihargai Rp 3,499 juta dengan harga perkenalan 3,399 juta.

Oppo belum mengumumkan harga Realme XT di Jakarta, namun ketika dirilis di India  harga awalnya sekitar  Rp 3,2 juta.  

Keyword:
Google+