Waduk Sermo, Wisata Selfie Kulonprogo yang Tengah Hits

Waduk sermo adalah waduk atau bendungan yang berfungsi untuk menyediakan air bagi warga sekitar. karena keunikan tata bangunan dan lokasi yang asri, menjadikan waduk ini sebagai salah satu tempat yang sering dikunjungin untuk para wisatawan.

Waduk Sermo Kulon Progo terletak di Dusun Sermo Lor kab. Kulonprogo Yogyakarta. Perjalanan ke waduk ini hanya 90 menit dari Kota Jogja. 

Waduk Sermo diresmikan oleh Pressiden Soeharto 20 November 1996, menjadi lokasi pelatihan olah raga air bahkan dikunjungi sebagai lokasi wisata.

Lokasi yang berada di alam yang asri dan di kelilingi pepohonan ini juga memiliki perkemahan untuk para penghobi camping.

Image result for waduk sermo kulon progo kokap

Selain bersantai, berekreasi bersama keluarga atau teman-teman, serta mendirikan camp di bumi perkemahan Waduk Sermo Kulonprogo, para pengunjung juga biasa memancing. Menurut informasi di sini terdapat ikan yang disebut “setan merah” karena merupakan predator hewan air lainnya.

Kemudian pengunjung juga memanfaatkan lokasi ini untuk berfoto, bahkan pada momen-momen khusus seperi sunrise dan sunset. Selain itu terdapat juga bukit dan area bendungan yang juga menarik untuk dijadikan latar foto.

Fasilitas ini bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung, beberapa diantaranya dengan biaya sewa dan selainnya gratis. Pengunjung bisa menyewa Perahu atau membeli tiket perorangan untuk menikmati waduk dengan perahu. Terdapat juga gazebo untuk beristirahat dan bersantai serta rumah jamur, yaitu rumah-rumah berbentuk jamur yang unik.

Untuk daftar harga terkait tiket masuk dan penggunaan fasilitasnya cukup beragam namun terjangkau. Memasuki obyek wisatanya, Anda perlu membayar sebesar Rp. 5.000/orang. Untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000, mobil sebesar Rp. 5.000 dan Bus sebesar Rp. 10.000.

Untuk para wisatawan yang ingin menikmati seluruh area waduk sermo menggunakan perahu wisata, biaya sewanya sebesar Rp. 30.000/perahu. Sedangkan untuk perahu lainnya yang dibaya perorangan sebesar Rp. 6.000/orang. Kemudian terdapat spot foto khusus, yaitu gardu pandang yang berada di sana yang bisa dinikmati dengan biaya sebesar Rp. 10.000/orang.

 

 

Nama : Waduk Sermo

Alamat : Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/U7mUn484PTmbP88WA 

Keyword:
Google+