Joe Biden dan Kamala Harris Sudah Resmi Dilantik Untuk Memimpin Amerika, Sejumlah Artis hadir Di Pelantikannya

Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat usai dilantik di halaman Gedung Capitol pada Rabu (20/1).  Selain Joe Biden, Kamala Harris juga dilantik sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. Melansir dari CNN, acara pelantikan dimulai pukul 10.00 waktu setempat dengan dihadiri sejumlah pejabat tinggi serta tamu undangan.

Sejumlah pejabat yang hadir diantaranya, Mike Pence, Bill Clinton dan Hillary Clinton, George W Bosh, Barack Obama dan Michelle Obama serta Jimmy Carter. Sedangkan Presiden Donald Trump sendiri tak menghadiri pelantikan tersebut karena meninggalkan Gedung Putih pada Rabu paginya sebelum acara dimulai.

Sejumlah musisi dan artis akan menghadiri agenda pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan wakilnya, Kamala Harris hari ini, Rabu (20/1/2021). Selebritas yang hadir di antaranya adalah Lady Gaga, Justin Timberlake, Garth Brooks, Jennifer Lopez, Demi Lovato, Ant Clemons, Jon Bon Jovi, John Legend, Foo Fighters, Kerry Washington, hingga Bruce Springsteen. 

Pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Lady Gaga menyenyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat saat pelantikan Joe Biden.
 
Pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Jennifer Lopez juga ikut bernyanyi dan memeriahkan acara pelatikan Presiden Amerika Serikat yang ke-46 Joe Biden.
 
Pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Penyanyi musik country Garth Brooks menyanyikan lagu Amazing Grace dalam acara pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46.
 
Pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Penyair Amanda Goerman membacakan puisi persatuan saat acara pelantikan Presiden Amerika Serikat ke-46 Joe Biden.
 

Pelantikan Joe Biden ini dilaksanakan pada hari ini Rabu, 20 Januari 2021 pukul 11.30 a.m waktu setempat, atau pukul 23.30 WIB waktu Indonesia. Dalam agenda pelantikan presiden AS ini, Lady Gaga akan menyanyikan lagu kebangsaan Amerika. Selain itu, akan ada acara TV khusus 90 menit yang dibawakan oleh Tom Hanks yang dimulai pada pukul 20.30 waktu setempat atau 8.30 WIB 21 Januari 2021 (waktu Indonesia). 

Pada pelantikan presiden AS tahun ini juga dihadiri oleh politisi dan pemimpin agama, seperti uskup agung, pendeta dan rabi, yang juga biasanya memberikan pidato.

UCAPAN SELAMAT

Para pimpinan negara pun langsung memberikan ucapan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris. Salah satu ucapan selamat datang dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Lewat akun Twitter resminya, Jokowi mengucapkan selamat kepada Joe  Biden dan Kamala Harris atas pelantikan mereka.

"Selamat Joe Biden dan Kamala Harris untuk pelantikan kalian sebagai Presiden AS ke-46 dan Wakil Presiden AS ke-49," tulis Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi berharap hubungan Amerika dan Indonesia semakin kuat. Menyertai ucapan itu, Jokowi mengunggah potret akrabnya bersama Joe Biden.

Selain Jokowi, Joe Biden juga mendapatkan ucapan selamat dari Ratu Inggris Elizabeth II. Sayangnya, pesan Ratu Elizabeth II untuk Biden tidak dipublikasikan ke publik. Menurut juru bicara Istana Buckhingham, sang ratu mengirimkan pesan tersebut menjelang pelantikan Biden.

"Yang Mulai mengirimkan pesan pribadi ke Presiden Biden menjelang pelantikan," ujar juru bicara Istana dikutip dari Standard.co.uk.

Menyusul ucapan selamat dari Ratu Elizabeth, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson ikut berbahagia atas pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS.

"Selamat kepada @JoeBiden telah dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat dan kepada @Kamala Harris atas pelantikan bersejarahnya. Kepemimpinan Amerika sangat penting dalam masalah kita semua, dari perubahan iklim hingga Covid, dan saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Biden," cuit Boris Johnson.


 

Google+