Ragam Budaya Klaten, Dari Gerobak Sapi Hingga Panen Memet

 

JatengLive.com- Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia, yang terdiri dari beberapa kota dan kabupaten. Dengan banyaknya kota dan kabupaten membuat Jawa Tengah kaya akan budaya, salah satu kabupaten yang memiliki kebudayaan yang cukup kental yaitu Kabupaten Klaten. Biasanya masyarakat luas hanya mengetahui tentang tradisi ya qowwiyu yang ada di Kabupaten Klaten saja, tetapi sebenarnya masih banyak tradisi yang dilaksanakan disana dan tentunya jangan sampai terlewatkan. Langsung saja tradisi apa yang menarik di Kabupaten Klaten.

Gora Swara

Kesenian yang terdiri dari sejumlah elemen masyarakat Klaten tersebut akan menggabungkan beberapa budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang sangat menjunjung toleransi. Tahun ini merupakan penampilan Gora Swara Nusantara yang ke-2, dan kali ini sejumlah elemen masyarakat mulai melakukan perpaduan budaya yang pada penampilan sebelumnya tidak ada. Bahkan dalam penampilan kedua nanti pada bulan Oktober, beberapa seni akan dijadikan satu mulai seni gerak, seni lukis hingga seni instalasi.

Panen Memet

Panen Memet atau panen ikan ini berlangsung Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Klaten. Ratusan hingga ribuan masyarakat akan tumpah ruah untuk memanen ikan yang sudah disiapkan oleh panitia, dan hasil tangkapan mereka dapat dibawa pulang tanpa ada pungutan bersiaplah karena panen memet akan dilaksanakan 27 Agustus 2107. Tertantang untuk berburu ikan di panen memet tahun ini?

Festival Gerobak Sapi

Festival ini akan diadakan pada 2 September 2017 di Candi Plaosan Prambanan, festival ini diadakan untuk melestarikan gerobak sapi di daerah Klaten. Dengan diadakannya festival ini diharapkan kegunaan dari gerobak sapi kembali dilirik oleh masyarakat, dan pada festival ini gerobak sapi yang biasa kita lihat dihias dengan indahnya untuk memanjakan mata wisatawan.

Tertarik untuk datang dan mencoba salah satu tradisi di Kabupaten Klaten? Catat tanggal tempatnya ya…

Google+